Monday, August 1, 2011

KEMULIAAN RAMADHAN

 Ramadhan adalan bulan yang mulia kerana ia dipenuhi berbagai keberkatan. 
Allah s.w.t. memberkatinya dengan berbagai keutamaan sepertimana berikut:
Firman Allah s.w.t.
"Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).
(QS. Al Baqarah: 185)
"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan."
(QS. Al Qadr: 1-3).
Rasulullah s.a.w. bersabda:
"Jika datang bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka dan dibelenggulah syaitan."
(HR. Muslim)
"Jika telah datang awal malam bulan Ramadhan, diikatlah para syaitan dan jin-jin yang jahat, ditutup pintu -pintu neraka, tidak ada satu pintupun yang dibuka, dan dibukalah pintu-pintu syurga, tidak ada satu pintupun yang tertutup, berseru seorang penyeru: wahai orang yang ingin kebaikan lakukanlah, wahai orang yang ingin keburukan kurangilah. Dan bagi Allah membebaskan sejumlah orang dari neraka. Hal itu terjadi pada setiap malam."
(HR. Tirmidzi)
"Setiap amalan anak Adam dibalas dengan kebaikan sepuluh kali lipatnya kecuali puasa, maka puasa itu untuk-Ku dan aku yang akan membalasnya, dia menahan syahwatnya dan menahan makan dan minum karena aku."
(HR. Muslim)
"Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa didalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa."
(HR. Abu Hurairah)
"Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan keberkatan, AIlah mengunjungimu pada bulan ini dengan menurunkan rahmat, menghapus dosa-dosa dan mengabulkan do'a. Allah melihat berlumba-lumbanya kamu pada bulan ini dan membanggakanmu kepada para malaikat-Nya, maka tunjukkanlah kepada Allah hal-hal yang baik dari dirimu. Karena orang yang sengsara ialah orang yang tidak mendapatkan rahmat Allah di bulan ini."
(HR.Ath-Thabrani)
"Umatku pada bulan Ramadhan diberi lima keutamaan yang tidak diberikan kepada umat sebelumnya, yaitu: bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada aroma kesturi, para malaikat memohonkan ampunan bagi mereka sampai mereka berbuka, Allah 'Azza wa Jalla setiap hari menghiasi syurga-Nya lalu berfirman (kepada syurga), "Hampir tiba saatnya para hamba-Ku yang shalih dibebaskan dari beban dan derita serta mereka menuju kepadamu". Pada bulan ini para jin yang jahat diikat sehingga mereka tidak bebas bergerak seperti pada bulan lainnya, dan diberikan kepada ummatku ampunan pada akhir malam."
(HR. Abu Hurairah)
"Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do'a maka pasti dikabulkan."
(HR. Al Bazaar)
"Tiga orang yang do'anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do'a orang yang dizalimi"
(HR. Tirmidzi)
Dari itu, bulan Ramadhan adalah bulan istimewa kerana ia penuh nikmat kepada umat Islam sejagat.
Renungilah bersama:
Kita hadir ke dunia ini tanpa apa-apa dan akan pulang nanti tanpa apa-apa. Dari itu, bukanlah tujuan utama kita di dunia ini untuk mengumpul dan mencari harta keduniaan untuk di bawa balik ke alam akhirat melainkan ulungan keimanan.
Firman Allah s.w.t.
"Berbekallah! Sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa, bertakwalah padaKu wahai orang-orang yang berpikir."
(QS. Al-Baqarah: 197)

* Sekadar renungan & peringatan bersama.. :)

No comments:

Post a Comment